Diana Yuliawati

Manfaat Senam Kehamilan

5 Mar 2014 - 21:56 WIB

Kehamilan adalah masa-masa yang sangat ditunggu oleh para wanita yang sudah menikah. Belum lengkap rasanya sebuah pernikahan tanpa kehadiran si buah hati. Oleh karena itu, mengetahui bahwa dirinya sedang mengandung, tentu ibu merasa bahagia dan bangga. Namun, karena kondisinya menjadi lebih sensitif terhadap berbagai hal, ibu hamil harus benar-benar memperhatikan kesehatannya. Selain menjaga pola makan dan istirahat, ibu hamil juga perlu melakukan aktivitas-aktivitas fisik ringan atau melakukan senam hamil agar tubuhnya tetap fit selama mengandung.

senam-hamil

 

Senam hamil merupakan senam khusus yang ditujukan untuk para ibu yang sedang mengandung. Gerakan-gerakannya tentu tidak sama dengan senam bagi orang umum. Latihan fisik ini bertujuan untuk melatih kelenturan otot-otot tertentu yang menunjang persalinan seperti otot paha dan tulang panggul. Tentunya gerakan-gerakan yang diajarkan disesuaikan dengan usia kehamilan. Berikut adalah beberapa manfaat dari senam hamil:

  1. Menstabilkan tekanan darah sehingga mengurangi rasa mual dan pusing
  2. Menghindarkan ibu dari obesitas selama kehamilan
  3. Meningkatkan volume darah merah
  4. Membuat tidur lebih nyenyak
  5. Membuat kalori lebih banyak
  6. Membuat paru-paru lebih sehat
  7. Tubuh menjadi lebih bugar
  8. Mengurangi nyeri punggung
  9. Mempermudah proses kelahiran

Senam kehamilan sangat diperlukan bagi ibu hamil, karena ternyata manfaatnya juga bisa dirasakan oleh janinnya. Gerakan yang dilakukan oleh si ibu memiliki pengaruh positif pada pertumbuhan dan perkembangan janin. Seperti meningkatnya denyut jantung yang merupakan pertanda positif dari respon yang ia berikan. Akan tetapi, senam hamil harus dilakukan dengan instruksi pelatih profesional dan juga berdasarkan kondisi kesehatan si ibu itu sendiri. Untuk itu, ibu hamil juga memerlukan suplemen kesehatan yang tentu saja dipilih sesuai petunjuk dokter. Demikian info singkat manfaat senam kehamilan semoga bermanfaat bagi ibu-ibu yang sedang menantikan buah hatinya lahir.


TAGS   senam hamil /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive