Diana Yuliawati

Gejala dan Penyebab Asam Lambung

7 Feb 2014 - 16:41 WIB

Penyakit Asam lambung adalah gejala maag yang ditandai dengan terlukanya lambung atau terjadinya peradangan pada dinding lambung. Biasanya ini sering terjadi karena pola makan yang tidak teratur sehingga menimbulkan rasa perih dan mual. Lambung adalah organ yang bertugas memproduksi asam untuk mencerna makanan secara teratur. Jadwal makan yang tidak teratur akan membuat lambung sulit beradaptasi dalam menjalankan tugasnya, jadi poin penting pertama adalah jaga pola makan anda secara teratur.

 

Apabila hal tersebut terjadi terus-menerus dalam waktu malam, dinding lambung akan mengalami iritasi dan menyebabkan rasa perih serta mual. Apabila asam lambung naik ke tenggorokan atau kerongkongan, saluran tenggorokan akan mengalami kerusakan yang dapat berujung pada kanker.

Gejala Asam Lambung

Berikut adalah beberapa gejala penyakit asam lambung yang penting untuk diketahui.

1. Sering merasa mual, bahkan muntahRasa mual, bahkan muntah, terjadi karena impuls dari otak bawah yang berhubungan dengan saraf rasa sakit mengalami iritasi. Ini sebagai sinyal bahwa ada penyakit yang terjadi dalam tubuh.

2. Perut kembung. Kadar asam yang tinggi di dalam lambung menyebabkan perut menjad kembung. Apalagi dengan kurangnya enzim pada alat pencernaan.

3. Sering bersendawaSebagian besar orang mengira bahwa sendawa saat perut kembung adalah baik. Sendawa dianggap dapar meringankan rasa tidak nyaman pada perut yang kembung. Pada kenyataannya, anggapan itu hanya berlaku sementara. Sendawa yang terjad pada perut kembung hanya akan memperparah kekembungan pada perut.

4. Tidak napsu makanOrang yang menderita penyakit asam lambung akan merasa perutnya selalu penuh. Seperti yang tertulis di atas, penderita akan mengalami perut kembung, inilah yang menyebabkan penderita menjadi kehilangan napsu makan.

5. Merasa sakit dan susah saat buang air besarPola makan yang tidak teratur aan berdampak pada susahnya buang air besar. Selain itu, gangguan pencernaan juga dapt menyebabkan saluran pembuangan akhir terganggu.

6. Ciri lain selain gejala yang telah tertulis di atas, ada gejala lain dari penyakit asam lambung. Tubuh mengeluarkan keringat tanpa sebab, mudah pingsan, gangguan pencernaan, cegukan, dan denyut jantung yang bergerak lebih cepat adalah beberapa hal yang menjadi gejala asam lambung.

Penyebab Asam Lambung

Naiknya asam lambung menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit asam lambung. Berikut adalah beberapa penyebab asam lambung yang baik untuk diketahui.

1. Asupan makanan yang kurang baikAsupan makanan dengan kadar keasamaan tinggi menjadi pemicu utama terjadinya asam lambung naik. Makanan jenis ini menyebabkan produksi asam lambung perut meningkat dalam jumlah banyak. Hal ini akan berakubat pada terserang penyakit maag.

2. Pola makan tidak teratur. Pola makan tidak teratur mengakibatkan manusia mengalami stres. Seperti diketahui, stres sangat memicu terjadinya asam lambung. Penderita akan merasakan nyeri pada ulu hati karena produksi asam lambung sedang meningkat.Segeralah lakukan tindakan untuk mengobati asam lambung anda degan cara konsultasikan ke dokter atau bisa juga gunakan obat herbal tradisional yang tentu pilih yang terjamin dan tanpa efek samping.

Penyakit yang berkaitan dengan lambung seperi maag kronis, asam lambung tinggi sebenarnya bisa dicegah dengan pola hidup sehat terutama pemilihan jenis makanan dan jadwal makan yang teratur.


TAGS   asam lambung / gejala asam lambung /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive